3 Hal yang Harus Dilakukan Jika Kartu Kredit Hilang

uang-elektronik
Uang Elektronik

Tentu saja, saat menyadari kalau kartu kredit hilang adalah panik. Bayang-bayang kartu tersebut jatuh ke tangan orang tidak bertanggung jawab pun akan selalu menghantui.

Daripada terus-terusan panik, lebih baik lakukan hal berikut ini. Jadi, jangan panik berlebihan yang membuat Anda kalut, segera lakukan ini saat kartu kredit hilang

1. Coba Diingat ke Mana Saja Bepergian Sehari itu

Kartu kredit hilang? Jangan panik dulu. Coba ingat-ingat ke mana saja Anda pergi dalam seharian itu. Mulai dari pertama kali Anda keluar rumah, hingga kembali ke rumah.

Siapa tahu kartunya terjatuh dari saku celana atau tas saat hendak mengambil sesuatu. Kunjungi tempat itu sesegera mungkin agar peluang untuk menemukannya menjadi lebih besar.

Cari di jalanan sekitar, termasuk jalan-jalan kecil (apabila ada) kalau Anda memang melalui jalan tersebut. Apabila tak ketemu juga, bisa lanjut ke pencarian berikutnya.

2. Ingat Transaksi Terakhir

Selain itu, ingat-ingat transaksi kartu Anda terakhir kalinya. Barangkali kartu Anda tertinggal di suatu tempat terakhir kali Anda melakukan transaksi.

Datangi gerai merchant yang terkahir kali Anda melakukan belanja di tempat tersebut menggunakan kartu tersebut. Barang kali saja, kartu tersebut tertinggal di sana.

3. Hubungi Bank dan Minta untuk Memblokir Kartu yang Hilang

Apabila usaha di atas tidak membuahkan hasil, sekarang saatnya untuk menghubungi pihak bank. Laporkan kalau kartu Anda hilang, sehingga bank bisa segera menindaklanjuti masalah tersebut dan langsung melakukan pemblokiran.

Kalau tidak, bisa saja kartu Anda digunakan orang yang tidak bertanggung jawab dan Anda harus menanggung semua tagihan yang tidak Anda lakukan. Semakin cepat laporan diajukan, maka pemblokiran pun akan makin cepat diproses oleh bank.

Laporan bisa Anda sampaikan melalui telepon call center, tidak harus mendatangi kantor cabang atau kantor pusat untuk melaporkan masalah kehilangan yang dialami.

4. Ajukan Kartu yang Baru

Jika kartu lama benar-benar hilang, mau tidak mau Anda harus merelakannya dan menggantinya dengan yang baru. Pembuatan kartu baru bisa dilakukan di bank penerbit lama.

Tapi Anda harus mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi syarat-syarat pembuatan sebagaimana Anda melakukannya saat apply  untuk pertama kalinya. Waktu yang diperlukan untuk pembuatan tidak lama, apalagi kalau Anda melakukannya di bank yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *