3 Tips Mencapai Kebebasan Finansial untuk Kaum Milenial

kirim-uang-lewat-alfamart
Kirim Uang Lewat Alfamart

Generasi milenial sangat dikenal sebagai generasi yang paling melek teknologi. Hal ini bisa menjadi suatu nilai tambah bagi milenial. Kaum muda yang begitu familiar dengan teknologi dapat dengan mudahnya mengakses informasi, misalnya lewat smartphone atau gadget yang mereka miliki.

Namun hal ini juga bisa menjadi bumerang. Pasalnya, informasi yang begitu banyak menimbulkan gaya hidup yang konsumtif. Berbagai tawaran menarik yang bermunculan di layar gawai membuat impulse buying yang semakin sulit diatasi.

Bahkan, milenial sering dinilai memiliki gaya hidup yang boros. Menurut survei, motivasi keuangan generasi milenial memang berbeda apabila dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Cukup sulit rasanya bagi millennial untuk meraih kebebasan finansial.

Maka ada baiknya rencana keuangan harus disiapkan matang-matang sejak muda. Apalagi, beban pengeluaran kaum muda diperkirakan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Berikut ini adalah 5 tips keuangan bagi generasi milenial untuk mencapai kebebasan finansial.

1. Investasi sejak dini

Kunci untuk menjamin kondisi kebebasan finansial di masa mendatang adalah segera berinvestasi secara konsisten dalam jangka panjang. Tentukan secara spesifik tujuan dan jangka waktu investasinya, kemudian pelajari berbagai pilihan investasi yang ada. Berinvestasi jangan dilihat dari tahun per tahun. Harus jangka menengah ke panjang. Kalau tujuan jangka pendek jangan dimasukan ke instrument investasi.

Sisihkan 12 sampai 15 persen dari pengeluaran untuk alokasi investasi. Hasil investasi mungkin tidak terlihat dalam tahun-tahun pertama, namun akan terasa setelah 10 tahun dari compound effect. Oleh karena itu, investasi merupakan kunci dari kebebasan finansial.

2. Jangan menunggak pembayaran kartu kredit

Seringkali kemudahan bertransaksi yang ditawarkan kartu kredit dapat membuat kita menjadi ceroboh dalam menggunakan uang. Tanpa disadari, beban pembayarannya melebihi kemampuan Anda.

Oleh karena itu, tanamkan di pikiran Anda bahwa kartu kredit hanyalah alat yang mempermudah pembayaran. Pastikan untuk membayar tagihannya secara disiplin dan jangan ditunda supaya tidak menjadi beban tambahan menuju kebebasan finansial.

3. Siapkan emergency fund

Menyiapkan dana darurat atau emergency fund juga sangat penting supaya di saat terjadi musibah atau sesuatu yang mendadak, misalnya apabila kamu terkena PHK atau kecelakaan, Anda tidak perlu memusingkan masalah biaya lagi.

Siapkan emergency fund sebesar 3 sampai 6 bulan pengeluaran. Artinya jika pengeluaran per bulan Anda Rp 5 juta, minimal Anda harus memiliki uang sekitar Rp 15 juta hingga Rp 30 juta. Pastikan juga bahwa dana tersebut bisa diakses kapan saja saat dibutuhkan.

Demikian tips yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Semoga kamu segera bisa mencapai targetmu dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *