4 Makanan Khas Surabaya Ini Harus Kamu Coba!

makanan-khas
makanan-khas

Surabaya selain terkenal dengan sebutan kota pahlawan, juga terkenal dengan bangunan sejarahnya, wisata alam dan jajanan kulinernya yang sangat bervariasi. Mulai dari yang murah hingga yang mahal banyak sekali dijumpai disini. Tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya untuk menyempatkan diri menyantap makanan khasnya. Beraneka ragam, berikut adalah daftar makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba.

1. Semanggi Suroboyo

Semanggi Suroboyo makanan dari Surabaya yang kini mulai langka. Makanan dari Surabaya ini mirip dengan pecel yang ada pada umumnya disajikan dengan taburan bumbu, sayuran, tauge dan krupuk puli diatasnya. Hanya saja yang membedakan dari pecel adalah adanya daun semanggi didalamnya dan yang membuat makanan unik ini langka adalah sulitnya mendapat bahan baku daun semanggi yang menjadi ciri khas makanan ini.

2. Lontong Balap

Kuliner yang satu ini adalah makanan khas yang bahan dasar lontong, tauge, tahu, kacang dan campuran kuah didalamnya. Kalian bisa menambahkan petis sebagai penambah rasa pedas didalamnya. Kenapa makanan khas ini disebut lontong balap? Karena konon pada masa lalu di Surabaya banyak orang berjualan lontong. Setiap pagi mereka keluar menjajakan lontong dengan kebut-kebutan, sehingga saat itu ada orang yang menyebut itu ‘lontong balap’.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah kuliner khas yang terbuat dari beberapa campuran sayuran, buah, cingur atau moncong sapi yang direbus dan disiram oleh bumbu-bumbu maupun kuah. Rujak ini disajikan dengan tambahan kerupuk. Adapun satu hal yang membedakan rujak cingur dengan rujak yang ada di daerah lain adalah adanya bahan cingur atau bibir sapi di dalam kuliner khas yang satu ini.

4. Tahu Tek

Tahu Tek merupakan penganan khas Surabaya yang cukup terkenal. Menurut sejarahnya nama tahu tek diberikan, karena pada saat itu pedagang menggunakan gunting untuk memotong bahan makannya. Meskipun saat itu bahan makanan yang digunting tidak ada, tapi mereka menggunakan gunting seoalah-olah untuk memotong karena bermaksud untuk memanggil pelanggan. Sehingga gunting tersebut berbunyi tek-tek-tek. Makanan ini berbahan dasar utama tahu dan lontong sesuai dengan namanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *