4 Tips Jitu Membeli Rumah untuk Kamu yang Berkantong Pas-pasan

uang-online
uang online

Dari sekian banyak impian generasi milenial pasti ada yang pengin membeli rumah sendiri. Selain bisa lebih mandiri, impian tersebut juga bisa menjadi tanda kesuksesan mereka yang udah banting tulang bekerja dari pagi sampai malam. 

Bukan karena gajinya gede, melainkan karena mereka bisa mengelola segala kebutuhan secara cepat dan tepat. Penasaran gimana caranya membeli murah?

Yuk, ketahui langsung tips jitu membeli rumah untuk kamu para milenial yang punya uang terbatas di sini:

1.  Menabung dan berinvestasi

Syarat paling penting bagi generasi milenial yang pengin beli rumah dengan bujet pas-pasan adalah menabung serta bernvestasi. Sebetulnya, tips ini juga berlaku buat siapapun yang pengin kaya raya.

Pasalnya, sebesar apapun pendapatan kamu bila gak ada dana yang dialokasikan untuk kedua hal ini bakal terbuang secara sia-sia. Entah itu untuk belanja, hiburan ataupun menjalankan hobi. 

2.  Maksimalkan fasilitas KPR jangka panjang

Dari dulu pasti kita mengenal tentang fasilitas Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang disediakan beberapa bank Tanah Air untuk membeli rumah. Ada baiknya kamu memanfaatkan layanan itu sebagai cara mencicil rumah kalau belum punya cukup uang.

Biasanya pihak bank bakal memberikan durasi cicilan yang lumayan panjang mulai dari 20 hingga 30 tahun untuk kamu yang berusia muda.

Program tersebut emang dibuat untuk membantu masyarakat Indonesia yang memiliki pemasukan yang terbilang gak terlalu besar.

3.Manfaatkan membeli rumah baru sebagai kontrakan

Kalau kamu mengalami kesulitan selama mencicil rumah bisa mencoba mengontrakkannya kepada orang lain. Jadi gak perlu dihuni langsung, kamu bisa menggunakan rumah yang udah ada untuk tinggal sementara.

Sedangkan uang cicilan yang didapat dari kontrakan digunakan untuk menutup kekurangan cicilan tersebut. Enaknya lagi sih, kalau ada lebih, bisa buat uang jajan tambahan kamu.

4.  Meriset harga sebelum membeli rumah

Bukan cuma riset sebelum beli barang online saja, kamu juga wajib mengetahui harga pasaran rumah yang berada di lokasi tempat tinggal kamu nantinya.

Tujuannya, agar kamu gak rugi ataupun ketipu sama harga beli hunian tersebut. Gak sedikit orang zaman sekarang yang pernah mengalami kejadian serupa lho!

Karena itu, sebelum menandatangani kontrak perjanjian kamu harus melakukan survei terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *