5 Cara Persiapkan Hari Tua Anda dengan Kelola Dana Pensiun

uang-elektronik
Uang Elektronik

Namanya dana pensiun, tentunya kamu harus menyiapkannya sedari dini. Meski usia kamu masih jauh dari kata pensiun, tapi bukan berarti kamu bisa leha-leha dan menghabiskan semua uang yang kamu miliki. 

1. Awasi Pengeluaran

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dalam mengelola dana pensiun sedari dini adalah dengan mengawasi pengeluaran. Selain menabung, kamu juga harus mengawasi uang yang keluar dari rekening. Lihat untuk apa saja uang tersebut kamu habiskan. Mungkin saja tanpa sadar kamu menggunakan uang itu untuk hal yang tak perlu.

Kalau sudah begini, tentunya keinginan untuk menyiapkan dana pendidikan sejak awal bisa terhambat. Untuk membantu, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengawasi pendapatan dan pengeluaran kamu agar lebih mudah.

2. Buat Rencana Pensiun yang Spesifik

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat rencana pensiun yang spesifik. Misalnya saja dengan menghitung berapa tahun lagi kamu akan pensiun dan berapa dana yang harus ada ketika kamu pensiun ini. Kamu dapat menghitungnya dengan memperhatikan berapa pengeluaran yang dibutuhkan.

3. Tabung Setengah Pendapatan

Agar impian memiliki dana pensiun yang cukup dapat terwujud, tak ada salahnya kamu menabung setengah dari pendapatan yang ada. Ini memang terdengar sulit. Namun, dengan menabung setengah dari pendapatan yang ada, kamu dapat memberi jalan cepat menuju pensiun dini. Oleh sebab itu, disiplinkanlah diri kamu meskipun hal itu sulit.

4. Memaksimalkan Pendapatan

Kamu juga bisa coba memaksimalkan pendapatan dengan mencari kerja sampingan. Dengan begitu, kamu dapat menambah tabungan dana pensiun kamu lebih banyak. Ada banyak kerja sampingan yang dapat kamu lakukan. Misalnya saja berjualan, penerjemah hingga penulis lepas.

5. Investasi

Hal utama yang harus kamu lakukan adalah investasi. Apa pun jenis investasi yang kamu pilih, pastikan kamu membayarnya tiap bulan dengan teratur. Jangan sampai telat bayar karena kamu sendiri yang akan susah nantinya. Sebab, bisa saja kamu kena denda nantinya karena telat bayar.

Untuk mempermudah investasi kamu, cobalah memasukkan dana pensiun ini dalam kategori kewajiban sehingga bila dana tersebut harus terpakai, kamu wajib menggantinya nanti. Kalau perlu, buatlah reminder atau ikut program auto debet yang ada di produk investasi perusahaan asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *