5 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

sistem ekonomi IndonesiaPertumbuhan ekonomi dapat dikatakan sebagai perubahan positif pada barang atau jasa yang dihasilkan dalam periode waktu tertentu. Karakteristik penting dari pertumbuhan ekonomi yaitu tidak pernah sama di semua sektor ekonomi, seperti sektor telekomunikasi sebuah negara telah kontribusi secara signifikan. Sedangkan sektor pertambangan belum berkinerja dengan baik atau beberapa sektor lainnya. Terkait pertumbuhan ini adanya peningkatan output nasional per kapita atau produk nasional bersih. Harus dipastikan berjalan secara konstan dan berkelanjutan selama bertahu-tahun. Peningkatan total output yang lebih besar daripada tingkat populasi suatu negara harus ada dalam pertumbuhan. Simak faktor yang mempengaruhi di bawah ini.

Sumber Daya Manusia

Penentu paling penting dari pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat dilihat dari SDM (Sumber Daya Manusia). Dengan kualitas dan kuantitas SDM yang tersedia dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kualitas SDM dinilai melalui keterampilan, kemampuan mengolah kreativitas, pelatihan dan pendidikan. Jika negara memiliki kualitas yang terampil dan terlatih maka hasilnya berkualitas tinggi. Tetapi, sisi negatifnya jika kurangnya tenaga kerja terampil akan menghambat pertumbuhan yang sedang dibangun. Maka suatu negara harus memiliki jumlah keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan secara seimbang agar pertumbuhan dapat tercapai.

Sumber Daya Alam

SDA atau sumber daya alam melibatkan hasil dari alam mulai dari bawah tanah, darat, laut. Sumber seperti tanaman, air, minyak, gas alam, logam, non-logam, dan mineral bergantung pada iklim dan lingkungannya. Negara dengan SDA yang lebih banyak dapat menikmati pertumbuhan dengan lebih baik. Pemanfaatan efisien SDA tergantung dari kemampuan dan keterampilan SDM, teknologi yang digunakan serta ketersedian dana yang dimiliki. Contoh dari ekonomi dengan SDA dan SDM yang seimbang adalah negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan sebagainya. Ada pula negara dengan SDA sedikit tetapi pendapatan per kapitanya tinggi, seperti Arab Saudi. Negara Jepang juga memiliki wilayah geografis yang kecil dan sedikit SDA tetapi pertumbuhan ekonomi mereka tinggi karena dibantu oleh SDM yang efisien serta teknologi canggih.

Formasi Modal

Mendapatkan dan memproduksi semua produk buatan manusia adalah sebuah pembentukan modal. Dengan pembentukkan tersebut dapat meningkatkan kerersediaan modal per pekerja, meningkatkan rasio modal atau tenaga kerja. Selain itu juga melibatkan bangunan, tanah, mesin, listrik, media komunikasi dan alat transportasi. Produktivitas pekerja meningkat yang kemudian menghasilkan peningkatan output dan pertumbuhan ekonomi.

Pengembangan Teknologi

Salah satu faktor yang cukup penting dalam pertumbuhan ekonomi di mana melibatkan penerapan metode ilmiah serta teknik produksi. Teknologi sendiri dapat didefinisikan sebagai sifat dan jenis instrumen teknis yang digunakan oleh tenaga kerja tertentu. Dengan pengembangan teknologi mampu membantu meningkatkan produktivitas walau jumlah sumber yang terbatas. Negara dengan bidang pengembangan teknologi akan berkembang pesat dibanding negara yang kurang memfokuskan pengembangan teknologi. Namun, satu yang perlu diingat bahwa sebuah teknologi jika dihasilkan tidak tepat akan menghasilkan biaya produksi yang tinggi.

Kekuatan Mata Uang dan Intervensi Pemerintah

Penting membandingkan nilai mata uang dolar AS dengan uang seperti yen, yuan, pound terutama bagi perusahaan yang tidak mengimpor atau mengekspor barang. Jika dolar AS menguat, perusahaan yang membeli input dari negara lain dapat lebih kompetitif dalam menentukan harga. Pada dasarnya sebuah perusahaan, harus memperhatikan konsumen yang memiliki pilihan untuk membeli barang atau jasa dari negara lain. Tidak sedikit perusahaan atau industri yang diatur oleh pemerintah dalam satu bentuk atau lainnya. Instansi pemerintah mempertahankan standar agar menjaga keselamatan konsumen, karyawan dan SDA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *