5 Tips Hemat saat Berbelanja di Toko Online

kirim-uang-lewat-alfamart
Kirim Uang Lewat Alfamart

Belanja online saat ini bukanlah sebuah hal yang tabu. Semua orang bisa dengan gampang membeli barang di toko online. Tidak perlu lagi berdesak-desakan atau antrian di kasir,  semuanya bisa dibeli hanya dalam satu genggaman smartphone kamu.

Belanja online ternyata juga bisa membuat orang menjadi boros. Orang bisa saja menjadi kalap lalu membeli apa saja. Hasilnya, pengeluaran akan makin membengkak. Berikut adalah beberapa tips berbelanja di toko online yang bias kamu terrapin.

1. Pelajari toko online tempat transaksi

Sebelum membeli barang, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu toko yang akan Anda jadikan tempat transaksi. Salah satu yang Anda perlu tahu adalah apakah toko itu benar-benar menjual barang asli. Selain itu, toko tersebut juga harus menjelaskan seperti apa prosedur pengembalian barangnya. Pastikan juga barang tersebut mendapat garansi resmi. 

Pastikan toko itu mendapat akreditasi dari lembaga yang kredibel. Biasanya, toko yang terpercaya juga melampirkan branded, store dan merchant ternama untuk barang yang dijual. 

2. Pahami kebutuhan Anda

Berbelanja memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Asal jangan sampai kalap lalu membeli yang bukan menjadi kebutuhan Anda. Pastikan barang tersebut benar-benar anda butuhkan. Jangan sampai, barang yang dibeli malah tidak digunakan sama sekali. Pahami secara detail kebutuhan Anda agar tidak menjadi boros saat berbelanja. 

3. Manfaatkan promo dan diskon

Setiap toko online pasti memiliki jadwal promo & diskon yang menggiurkan. Bahkan setiap pekan selalu ada penawaran promo & diskon untuk produk-produk tertentu. Sebaiknya Anda memanfaatkan tawaran ini supaya bisa lebih berhemat.

4. Manfaatkan Cicilan

Untuk mengatur keuangan Anda lebih baik, ada baiknya Anda memanfaatkan prosedur pembelian barang dengan metode cicilan yang diberikan toko online. Beberapa toko online itu juga menawarkan bunga cicilan 0 persen. Tentu hal ini akan sangat memudahkan kamu untuk berbelanja.

5. Perhatikan kondisi keuangan Anda

Jangan sembarangan saat berbelanja secara online. Pastikan keuangan Anda berada dalam kondisi yang mencukupi. Jangan sampai memperbanyak utang dan cicilan setiap bulan. Pastikan pendapatan Anda cukup untuk membeli barang-barang tersebut secara online. Jangan memaksakan diri membeli barang yang tidak sesuai kondisi keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *