4 Makanan Khas Surabaya Ini Harus Kamu Coba!

makanan-khas
makanan-khas

Surabaya selain terkenal dengan sebutan kota pahlawan, juga terkenal dengan bangunan sejarahnya, wisata alam dan jajanan kulinernya yang sangat bervariasi. Mulai dari yang murah hingga yang mahal banyak sekali dijumpai disini. Tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya untuk menyempatkan diri menyantap makanan khasnya. Beraneka ragam, berikut adalah daftar makanan khas Surabaya yang wajib kamu coba.

1. Semanggi Suroboyo

Semanggi Suroboyo makanan dari Surabaya yang kini mulai langka. Makanan dari Surabaya ini mirip dengan pecel yang ada pada umumnya disajikan dengan taburan bumbu, sayuran, tauge dan krupuk puli diatasnya. Hanya saja yang membedakan dari pecel adalah adanya daun semanggi didalamnya dan yang membuat makanan unik ini langka adalah sulitnya mendapat bahan baku daun semanggi yang menjadi ciri khas makanan ini.

2. Lontong Balap

Kuliner yang satu ini adalah makanan khas yang bahan dasar lontong, tauge, tahu, kacang dan campuran kuah didalamnya. Kalian bisa menambahkan petis sebagai penambah rasa pedas didalamnya. Kenapa makanan khas ini disebut lontong balap? Karena konon pada masa lalu di Surabaya banyak orang berjualan lontong. Setiap pagi mereka keluar menjajakan lontong dengan kebut-kebutan, sehingga saat itu ada orang yang menyebut itu ‘lontong balap’.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah kuliner khas yang terbuat dari beberapa campuran sayuran, buah, cingur atau moncong sapi yang direbus dan disiram oleh bumbu-bumbu maupun kuah. Rujak ini disajikan dengan tambahan kerupuk. Adapun satu hal yang membedakan rujak cingur dengan rujak yang ada di daerah lain adalah adanya bahan cingur atau bibir sapi di dalam kuliner khas yang satu ini.

4. Tahu Tek

Tahu Tek merupakan penganan khas Surabaya yang cukup terkenal. Menurut sejarahnya nama tahu tek diberikan, karena pada saat itu pedagang menggunakan gunting untuk memotong bahan makannya. Meskipun saat itu bahan makanan yang digunting tidak ada, tapi mereka menggunakan gunting seoalah-olah untuk memotong karena bermaksud untuk memanggil pelanggan. Sehingga gunting tersebut berbunyi tek-tek-tek. Makanan ini berbahan dasar utama tahu dan lontong sesuai dengan namanya.

5 Makanan Praktis Buat Kalian Para Anak Kos

makanan-praktis
makanan-praktis

Jadi anak kos memang nggak gampang. Kamu harus pintar mengatur strategi keuangan untuk bertahan hidup. Bukan rahasia kalau kalian yang ngekos pasti akan menahan segala macam pengeluarannya agar bisa bertahan hidup sampai akhir bulan. Untuk itu, ini dia beberapa makanan praktis yang bisa dibuat sama anak kosan untuk berhemat!

1. Mie Instan

Ini udah pasti jadi makanan praktis nomor satu buat semua anak kos dimanapun mereka berada. Alasannya seserhana banget, yaitu karena harga yang murah dan proses pembuatannya yang mudah. Agar menyenangkan, mereka suka memakannya dengan ditambahkan nasi, agar kenyangnya awet.

2. Sereal

Alternatif lain yang praktis adalah Sereal.  Berbagai macam sereal kini juga mudah ditemukan. Cara penyajiannya pun gampang banget, cukup dicampurkan susu segar atau hangat. Selain praktis, sereal juga sehar dan bisa menahan rasa laparmu sampai siang hari.

3. Bubur Instan

Makanan praktis berikutnya adalah bubur instan. Selain mie, bubur instan ini juga sangat mudah mengolahnya. Tinggal diseduh dengan air hangat dan menambahkan topping seperti ayam atau cakwe yang sudah disediakan dalam kemasan.

4. Roti

Menu santapan praktis buat penghuni kos yang satu ini gampang banget ditemukan dimana-mana. Beragam jenis roti dan rasa dapat ditemukan dengan harga yang terjangkau untuk kamu yang kos. Walaupun nggak selalu menyenangkan, menu praktis ini bisa digunakan sebagai penunda rasa lapar.

5. Pizza Mie

Menu praktis andalan terakhir adalah pizza mie. Mau makan pizza tapi lagi menghemat duit di akhir bulan? Bisa kok. Cukup masak mie instan yang dicampurkan dengan telur dan ditambahkan dengan garam. Kalau ada keju atau sayuran, bisa ditambahkan diatasnya. Sangat mudah, bukan? Dengan harga yang terjangkau kamu yang ngekos sudah bisa makan pizza mie di akhir bulan.

Itu dia beragam menu makanan praktis yang menjadi andalan mereka yang ngekos. Dengan cara penyajian yang praktis, rasa yang lezat, sehat, mengenyangkan dan tentunya yang paling penting bagi mereka adalah harganya yang terjangkau.

Jenis Makanan Yang Bisa Kamu Konsumsi Untuk Mengatasi Stress

jenis-makanan
jenis-makanan

Ada banyak sekali situasi yang bisa membuat kamu stres. Supaya pekerjaanmu bisa tuntas dengan maksimal dan mood-mu kembali normal, tentu kamu akan berusaha mencari pelampiasan rasa stres tersebut. Gorengan, keripik, dan berbagai junk food lainnya menjadi pilihan jenis makanan ketika penat melanda. Sebenarnya ada beberapa pilihan jenis makanan sehat yang dapat konsumsi saat sedang stres-stresnya. Makanan ini akan menjaga kadar gula darah dan emosi jika kamu mengkonsumsinya, sehingga stres pun perlahan menghilang. Apa aja ya kira-kira?

1. Sayur-sayuran

Jenis makanan sayuran hijau yang dapat dengan kamu dapatkan ketika berbelanja di pasar atau supermarket terdekat adalah obat ampuh yang dapat mengusir rasa stres yang sedang melanda. Penelitian menunjukkan jika siswa yang sering mengkonsumsi buah dan sayuran, menjadi sosok yang lebih tenang, bahagia, dan lebih bertenaga.

2. Vitamin D

Jenis makanan mengandung susu yang dioleh menjadi es krim dan yogurt dapat menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan stres. Susu segar merupakan sumber dari vitamin D yang berasal dari makanan, vitamin D berfungsi untuk menurunkan kadar stres dalam diri seseorang. Selain itu, kandungan protein dan kalsium yang terdapat di dalam susu baik untuk nutrisi tubuh kamu.

3. Oatmeal

Jangan pernah meremehkan rasa lapar yang melanda ketika stres, karena rasa lapar menunjukkan bahwa energi dalam tubuh mulai berkurang. Daripada mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat yang jahat, oatmeal bisa menjadi alternatif makanan agar kadar gula dalam darah tetap berada dalam kondisi yang stabil karena kandungan karbohidratnya adalah karbohidrat kompleks.

4. Cokelat

Jenis makanan yang satu ini terkenal sebagai makanan dengan kemampuan meningkatkan kadar bahagia dalam diri seseorang. Banyak penelitian yang telah membuktikan efektivitas cokelat dalam mereduksi hormon stres dan juga kortisol dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung didalamnya mampu membuat aliran di dalam tubuhmu menjadi lebih rileks dan lancar, serta mampu menurunkan kadar gula dalam darah jika dikonsumsi secara tepat. Tapi, ingat ya! konsumsi coklat berlebih dapat berbahaya bagi kesehatan kita, makanlah secukupnya.

Kreasi Roti Tawar Yang Nggak Bikin Bosen

roti-tawar
roti-tawar

Roti tawar merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang aman dan baik untuk lambung. Penyajiannya pun bisa bermacam-macam bisa dengan cara natural hanya dengan bermacam selai sesuai selera, dibakar atau di panggang, bahkan sampai digoreng, atau disajikan dalam bentuk. Roti bisa menjadi pangganjal rasa lapar yang aman buat lambung juga bisa mengenyangkan lambung anda dengan berbagai isian yang mengandung berbagai nutrisi gizi yang ada didalamnya.

1. Roti Selai

Adalah roti tawar yang diolesi berbagai macam selai yang anda sukai sebagai sajian sarapan pagi atau sebagai pengganjal perut untuk menunggu jam makan, ada juga hidangan kreasi setangkup roti berisi olesan selai kacang dan selai buah, sehingga terasa perpaduan rasa creamy gurih dengan asam manis.

2. Roti Sandwich

Sandwich bermacam-macam ragamnya. Ada yang berupa roti tangkup, ada pula yang terbuka. Kamu bisa menambahkan irisan daging, telur, sayuran seperti selada dan tomat, serta saus seperti mayones, saus tomat, atau mustard sehingga menjadi hidangan bernutrisi lengkap. Contohnya seperti Healthy Egg Salad Sandwich.

3. Roti Goreng

Dari Prancis, ada roti goreng yang disebut French toast. Roti dicelupkan ke telur kocok lalu digoreng. Hidangan ini bisa disajikan gurih atau manis. Di Indonesia, roti goreng terkadang dijual di gerobak. Biasanya roti berisi selai dilipat dua, lalu digoreng tanpa dicelupkan ke telur kocok.

4. Puding Roti Tawar

Kalau kamu pencinta puding dan roti tawar, dua jenis makanan ini bisa kamu jadiin satu resep makanan yang enak. Coba saja kreasikan imajinasimu di dapur untuk membuat sesuatu yang spesial dari olahan roti ini.

5. Roti Bakar

Roti mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh, sehingga bisa dikatakan sekali tepuk dua lalat, selain menikmati kelezatan roti bakar, kita juga mendapatkan gizinya. Roti manis menggunakan topping coklat, keju, stroberi, bahkan es cream atau roti bakar jenis asin (sandwich) dengan bahan telur, keju dan daging.

Nah, itu dia beberapa menu makanan dengan bahan roti tawar untuk bisa kamu coba kreasikan sendiri di rumah. Mudah, kan?

Makanan Enak Yang Cocok Disantap Pas Lagi Hujan

makanan-enak
makanan-enak

Sering denger ga sih kalimat ini, ujan sore gini enaknya makan mie instan pake telor trus baso plus rawitnya yang banyak dan seterusnya. Nah, berhubung sekarang lagi sering-seringnya hujan nyamperin kita di sore hari, yuk, kita intip makanan enak apa sih yang cocok disantap pas lagi hujan sore!

1. Mie Instan

Sebagian besar orang Indonesia pasti sohiban banget sama makanan enak satu ini. Apalagi disantap saat hujan sore-sore gitu. Bayangin ya, kenyalnya mie dalam kuah rasa soto yang gurih, ditambah irisan rawit yang pedasnya menggigit. Hmmm, enak! Belum lagi kalau ada stok telur, kornet, baso, dan sawi hijau di kulkas. Nambah rame aja rasanya. Ayo, buruan ke dapur dan pilih rasa mie instan mana favoritmu untuk disantap waktu lagi hujan!

2. Seblak

Makanan yang udah jadi camilan umum di Bandung ini, wajib masuk daftar makanan enak untuk kamu yang harus ada pas hujan sore. Biasanya seporsi seblak digawangi kerupuk kenyal, siomay kering, telur, kwetiau, ceker, baso, atau tulang. Pedas dan kental kuahnya itu, bakal bikin kita ga bisa move on dari rasanya. Nagih banget! Setiap penikmat seblak pastinya punya content favoritnya masing-masing.

3. Soto Ayam

Makanan enak yang nikmat disantap saat lagi hujan berikutnya adalah soto ayam. Suiran ayam yang berenang dalam kuah kaldu yang gurih, ditambah potongan tomat, kol, telur, bihun, irisan seledri dan daun bawang, pasti bakal bikin kita ngiler di tengah dinginnya udara sore yang berhujan. Apalagi kalau ditemenin sama nasi atau ketupat. Jangan lupa juga sambal dan taburan bawang gorengnya ya!

4. Gorengan

Yang satu ini kayaknya jadi makanan lezat yang masuk ke dalam kategori camilan kebangsaan siapa aja di jagat raya Indonesia yah. Dari anak kecil, remaja, dewasa muda, dewasa beneran, orang tua, menikah, belum menikah, jomblo temporer, sampe jomblo permanen, gandrung banget sama camilan ini. Ditambah lagi harganya murah dan pedagangnya yang menjamur dimana-mana.

5. Bakso

Terakhir, tapi yang paling ngehits sekaligus disebut makanan enak abadi masyarakat Indonesia, terutama kaum hawa adalah B-a-k-s-o! Kuah kaldu yang nikmat dengan bakso yang uratnya menggoda, beuh, ajiiiib! Biasanya semakin deras hujannya, semakin pedas kuahnya (lebay). Sebagian orang yang cinta banget sama makanan enak ini bahkan menjadikannya makanan utama dengan memasangkannya dengan nasi putih atau ketupat. Anak kos nih yang sering banget makan bakso pake nasi. Hemat sob! Walaupun nyemil tapi kenyangnya awet.

Ngiler ya? Ayo, buruan ambil payung or pake jas hujan yang kece, segeralah berburu makanan-makanan yang tersebut di atas. Dan jangan lupa siapin juga teh tawar atau kopi panas sebagai minumannya. Karena Sore yang hujan adalah saatnya kita memanjakan lidah.

Street Food Dari Rusia Ini Unik Dan Bikin Pensaran Banget!

street-food
street-food

Selain kaya akan museum dan tempat-tempat yang bersejarah, ternyata Rusia juga kaya akan makanan yang lezat lho. Dan gak perlu beli di restoran mahal, sebab banyak street food atau jajanan yang dijual di pinggir jalan yang menggiurkan banget! Penasaran? Langsung cek list di bawah ini deh!

1. Ponchiki

Ponchiki atau yang biasa disebut custard cream filled doughnuts ini akan banyak kalian jumpai saat berkunjung ke Rusia. Pasalnya orang Rusia sangat menyukai berbagai jenis donat dan ponchiki ini merupakan makanan yang paling terkenal. Seperti nama lainnya donat ini berisi krim custard yang terbuat dari campuran krim serta kuning telur.

2. Baked Potato

Street Food yang satu ini sangat sederhana, terbuat dari kentang yang diberi berbagai isian baked potato dari Rusia ini harus kalian coba. Berbagai isian atau topping yang bisa kamu pilih terdiri dari keju, jamur, daging, atau taburan daun parsley. Saking lezat dan disukai banyak masyarakat Rusia, di Rusia ada kedai makanan siap saji yang menjual ini secara berkelas lho!

3. Pirozhki

Orang Rusia sangat menyukai sayuran, terlebih pada kol. Kol di sana diolah menjadi banyak kudapan khas Rusia. Salah satunya adalah street food yang bernama Pirozhki, yaitu roti dengan isian sayur kol yang telah ditumis dengan bumbu khas Rusia. Cemilan ini cocok buat kamu yang sedang lapar nih!

4. Shawarma

Ternyata Rusia juga memiliki jajanan sejenis kebab yang terdiri dari kulit tortila, daging, sayuran dan mayonais di dalamnya. Kebab khas Rusia ini bernama shawarma. Cara pengolahan dagingnyapun mirip kebab, yaitu dengan sebuah tiang besi yang dipotong tipis-tipis saat disajikan.

5. Blini

Di Rusia terdapat mini pancake yang khas dan dijual di pinggir jalan. Street food  tersebut bernama blini, camilan mini yang satu ini terbuat dari kentang dan tepung terigu yang dimasak seperti pancake pada umumnya. Setelah dibuat pancake kecil tadi, blini diberi tambahan krim oles berupa mayonais dan berbagai daging

Udah Pernah Coba Makanan Kekinian Ini?

makanan-kekinian
makanan-kekinian

Buat kamu yang punya hobi makan, pasti semua makanan dimakan. Di jaman sekarang ini, segala jenis makanan pun bermunculan dan menjadi makanan kekinian. Biasanya makanan ini awalnya hanya dijual terbatas saja sehingga membuat banyak anak muda penasaran. Setelah menemukannya, mereka kemudian langsung mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram. Mau tau apa aja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Samyang

Samyangi sudah lebih dulu heboh di jejaring social media seperti Instagram dan YouTube dari vlog kaula muda yang mencoba tantangan makan mi instan pedas asal Korea Selatan ini. Sekarang, ada lagi yaitu martabak mi samyang yang juga menjadii incaran pecinta kuliner.

2. Chitato Rasa Indomie

Di tahun 2016, pecinta camilan Indonesia dihebohkan dengan munculnya makanan unik, yaitu Chitato bercita rasa indomie goreng. Yes, gabungan antara dua produk favorit ini sukses membuahkan rasa penasaran banyak orang.

3. Kue Cubit

Sejak beberapa saat lalu, kue cubit jadi primadona di kalangan muda-mudi pecinta makanan. Kue ini saat ini punya rupa yang lebih menarik dari yang zaman dulu. Sekarang, kue ini sudah tersedia dengan berbagai varian rasa. Selain enak dan murah, jajanan ini cocok banget jadi teman ngopi dan ngeteh.

4. Sate Taichan

Sate ini banyak dijumpai di daerah Senayan. Makanan unik merupakan jajanan kaki lima yang naik daun sepanjang tahun kemarin. Karena rasanya enak, banyak sekali penggemarnya. Berbeda dengan sate pada umumnya, makanan kaki lima ini terlihat lebih putih tanpa disiram bumbu kacang.

5. Flying Noodles

Makanan kekinian yang bisa kamu coba selanjutnya adalah flying noodles. Mie ini disajikan melayang seperti disihir dalam versi anak jaman sekarang. Bahkan makanan satu ini sempat jadi cara kalangan muda di seluruh dunia berfoto gaul di media sosial. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa kedai dengan segmen pasar anak muda uang menyajikan menu seperti makanan yang kekinian ini.

5 Sifat Pengusaha Ini Dapat Meningkatkan Perekonomian Indonesia

sistem ekonomi IndonesiaSudah banyak kalangan muda bersama-sama membangun usaha atau bisnis sendiri. Tidak ingin terikat dengan pekerjaan pada perusahaan, sehingga mereka mencoba membuat sebuah produk baru. Beberapa orang menilai, menjadi seorang pengusaha menyenangkan dengan keuntungan yang menggiurkan. Padahal banyak tantangan yang harus dilalui, gagal, memiliki utang hingga masalah rumah tangga. Tidak jarang keberanian mereka untuk bangkit justru menjadi sebuah kesuksesan.

Aspek penting yang perlu diperhatikan untuk menjadi pengusaha yaitu pola pikir dan keterampilan. Tidak perlu dipikirkan apakah Anda baru memulainya atau sudah berjalan beberapa tahun kemudian setelah sudah memiliki usaha. Coba mulai tanam sifat ini, sehingga bisa berdampak baik dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Leadership (Kepemimpinan)

Anda pasti sudah mengetahui bahwa sifat ini memang harus dimiliki bagi seorang pengusaha. Jika kemampuan pemimpin Anda tidak kuat, akan berdampak pada bisnis Anda. banyak pelatihan, seminar menekankan unsur ini dalam jiwa pengusaha agar menjadi pemimpin yang dihormati dan berpengaruh. Bagaimana bisa menemukan tim yang tepat karena akan berpengaruh untuk perusahaan. Anda bisa melatih diri secara otodidak atau belajar langsung kepada para pengusaha sukses terdahulu. Banyak pula buku terbitan yang ditulis berdasarkan kisah nyata dan berpengaruh untuk memotivasi Anda dalam merubah perekonomian Indonesia ke depannya.

Komunikasi

Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah menjadi pengusaha yang memikirkan cara berkomunikasi. Ketika Anda bertemu banyak orang baru, komunikasi bisa menjadi first impression orang lain terhadap Anda. Hubungan antar manusia, di mana Anda akan berurusan dengan karyawan, pelanggan, badan yang mengurus produk Anda dan lain-lain. Latih sendiri diri Anda depan cermin atau melihat video melalui internet, bisa juga langsung konsultasi bersama ahlinya. Tidak ada salahnya Anda belajar dari MLM (Multi Level Marketing), karena belajar mudah dan ideal bisa Anda dapatkan. Kemampuan Anda berkomunikasi akan membantu seorang pengusaha sukses bertemu dengan tim, pelanggan, investor dalam memajukan perusahanaan Anda dan memperbaiki perekonomian Indonesia saat ini.

Hukum

Dalam menegakkan perekonomian Indonesia yang hebat, faktor hukum penting bagi produk baru. Seperti halnya dalam mempatenkan produk agar tidak ditiru oleh kompetitor, mulai dari lebel, warna, logo, kualitas dan bagian-bagian penting lainnya. Hanya perlu memahami hal dasar mengenai hukum yang berlaku di negara ini. Untuk membentengi atau melindungi ciri khas dari produk Anda.

Mengatur Arus Kas

Tidak mungkin sebuah usaha bisa berjalan dan tumbuh jika tidak ada profit. Memulai usaha akan memerlukan biaya operasional secara tunai, dan Anda harus cerdas dalam menggunakannya. Dibutuhkan kemampuan yang tidak mudah dalam mengelola keuangan, dari pemasukan dan pengeluaran. Pertimbangkan secara tepat dan bijaksana agar uang Anda benar-benar digunakan untuk sesuatu yang dibutuhkan. Memang tidak mudah membantu perekonomian Indonesia terus meningkat, maka dari itu perhatikan hal-hal seperti ini.

Membangun Sistem dan Memahami Marketing

Semua pengusaha tentu ingin usaha yang dibangun berjalan dengan baik, maka perlu adanya sistem yang kuat. Sistem tersebut merupakan pola yang berguna dalam usaha Anda untuk menentukan kecepatan pertumbuhan usaha. Tanpa sistem yang baik, usaha yang dijalankan akan mudah gulung tikar. Tetapi, jika sistemnya bagus maka bisnis akan bertahan lama dan Anda sudah membantu mewujudkan mimpi negara dalam memperbaiki perekonomian Indonesia. Sistem mampu menghemat waktu, uang dan energi Anda dan terakhir pelajarilah dasar marketing. Sehingga Anda akan siap dalam dunia persaingan yang sebenarnya dan mengenal baik target audience Anda.

Sudah Kenal dengan 5 Tokoh Ekonomi Indonesia Ini?

sistem ekonomi IndonesiaBanyaknya tokoh ekonomi Indonesia yang berjasa dalam memajukan perkembangan ekonomi memberikan dampak positif yang cukup besar. Dengan adanya para tokoh mampu membantu Indonesia memperbaiki dan terus mengembangkan perekonomian saat ini. Mungkin salah satu tokoh ini menginspirasi Anda? Berikut tokoh-tokoh yang sebaiknya kamu ketahui.

Prof. Dr. Saleh Afiff

Beliau adalah Menteri Koordinator Ekonomi dan Keuangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998). Sebagai lulusan mahasiswa ekonomi tahun 1959 di Universitas Indonesia. Pernah menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan merangkap sebagai ketua Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. Meneruskan pendidikannya pada tahun 1967 di Universitas California, Amerika Serikat.

Prof. Dr. Emil Salim

Salah satu ahli ekonomi yang juga menjadi pengajar dan politisi Indonesia dengat tingkat kecerdasan yang patut dibanggakan. Tokoh ekonomi Indonesia ini sudah berperan skala internasional dan menjadi tokoh lingkungan. Pernah menerima penghargaan berupa The Leader for the Living Planet Award dari World Wide Fund (WWF). Menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada April 2007 hingga Januari 2010 dan dilantik kembali untuk menjadi ketuanya. Tokoh senior ini sudah menjabat di pemerintahan yang masih aktif berkaier hingga saat ini.

Dr. Rizal Ramli

Seorang tokoh ekonomi Indonesia dan politisi ini telah menjabat menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan. Berjasa pada masa pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid, beliau menyukai sosok Albert Einstein. Menjadi alumni ITB jurusan Teknik Fisika dan mendapat gelar doktor ekonomi di Boston University tahun 1990. Ternyata sempat dipercaya menjadi penasehat bidang ekonomi PBB bersama ekonom Internasional lainnya seperti Prof. Amartya Sen dari Harvard University dan peraih Nobel Ekonomi.

Sri Mulyani Indrawati

Orang Indonesia pertama yang berhasil menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia mulai dari Juni 2010. Sebelumnya pernah sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional. Beliau terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008. Di Indonesia sendiri Ibu Sri Mulyani adalah perempuan paling berpengaruh ke-2 versi majalah Globe Asia tahun 2007.

Prof. Dr. H. Boediono, M.Ec.

Mengambil jabatan sebagai Wakil Presiden Indonesia 2009, Pak Boediono sebelumnya adalah Guberner Bank Indonesia. Selain itu juga pernah menjadi Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Direktur BI. menjadi guru besar di Universitas Gadjah Mada dengan julukan The man to get the job done. Jadi siapakah sosok yang Anda kagumi sebagai tokoh ekonomi Indonesia?

Perhatikan 5 Langkah Investor Ini Saat Ekonomi Indonesia Menurun

sistem ekonomi IndonesiaPada siklus ekonomi, kondisi naik turun adalah hal wajar yang pasti terjadi. Di berbagai belahan dunia, negara maju maupun negara berkembang tidak bisa menghindari penurunan ekonomi. Seperti yang terjadi, meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi Indonesia terjadi tahun 2010-2012 sedangkan pada 2013 cukup lambat. Efek tersebut berdampak bukan hanya bagi sektor riil tetapi juga investor. Yang terpenting Anda harus lakukan adalah menyiapkan langkah tepat untuk menyikapinya. Berikut yang bisa Anda perhatikan.

Investasi di sektor yang sesuai

Siklus ekonomi Indonesia memiliki sektor puncak maupun penurunan, serta stabil. Jika masa pertumbuhan ekonomi sedang tinggi seperti contoh beberapa tahun lalu, Anda bisa investasi pada saham berbasis komoditas. Jika ekonomi Indonesia sedang menurun, fokus pada sektor yang masih tumbuh agar tetap dapat menaruh dana dan mendapatkan hasil lebih baik.

Investasi di sektor dengan permintaannya stabil

Selain memperhatikan sektor yang sedang tumbuh, Anda bisa investasi dengan lebih aman pada kondisi sektor relatif stabil. Coba dengan sektor konsumsi karena pada dasarnya orang-orang memenuhi kebutuhan sehari-hari walau kondisi ekonomi tidak baik. Tetapi permintaan memang mungkin tidak seramai seperti biasanya, namun Anda masih dalam posisi aman dibanding sektor lain.

Memiliki Strategi Jalan Keluar

Ketika sudah siap dana untuk berinvestasi masuk, jangan lupa siapkan jalan keluar. Kapan Anda akan keluar menarik dana dari pasar. Tetapkan di awal karena tanpa perencanaan yang matang akan membingungkan Anda. Jika salah menentukan exit strategy bisa saja Anda melewatkan potensi keuntungan yang datang dan mengalami kerugian karena telat meninggalkan sektor pasar.

Diversifikasi

Untuk meminimalisir risiko Anda perlu melakukan diversifikasi atau penyebaran aset. Strategi tersebut berlaku untuk menyelamatkan aset yang sedang mengalami penurunan karena masih ada harapan dari aset lainnya. Penyebaran aset ini berlandaskan melalui pertimbangan bahwa sebaik apa pun analisis dan perhitungan Anda, masih ada kemungkinan kesalahan. Jadi, diversifikasi juga penting untuk menguranginya. Anda bisa memisahkannya dari kelas yang berbeda misalnya emas dan saham atau reksa dana dan saham. Bisa pula kelas yang sama tetapi sektor berbeda seperti membeli saham pada sektor perbankan dan konsumsi.

Beberapa langkah di atas adalah salah satu cara mempersiapkan rencana matang. Jalankan dengan sabar dan tenang adalah kunci seorang investor terbaik. Karakter tersebut diperlukan dalam kondisi ekonomi Indonesia yang sedang naik dan turun. Selamat mencoba!