Lakukan 3 Tips Ini untuk Menghindari Penipuan Online !


kirim-uang-lewat-alfamart
Kirim Uang Lewat Alfamart

Dengan berbagai kepraktisannya, proses belanja online membuat kita lebih mudah untuk mencari berbagai keperluan sehari-hari. Hal ini ternyata juga memancing para penipu berkedok jualan online yang tentu merugikan.

Banyak orang yang selalu was-was untuk menghindari penipuan. Pasalnya, angka kerugian yang dialami mereka yang tertipu pun bisa dibilang cukup besar, bahkan ada yang tertipu hingga puluhan juta rupiah dari pembelian barang di internet. Anda pastinya tidak ingin hal ini terjadi.

Berikut ini adalah 3 tips cara menghindari penipuan online :

1. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Modus yang sering dilakukan oleh oknum pemilik toko online penipu adalah menjual barang bagus dengan tawaran harga yang lebih murah. Bahkan seringkali harga yang mereka tawarkan sangat jauh bila dibandingkan dengan harga normal di pasaran. Bila Anda menemukan penjual yang menjual barang dengan harga sangat murah, maka Anda wajib waspada dan jangan sampai tergiur.

Membandingkan harga barang dengan beberapa penjual yang sudah cukup terkenal adalah salah satu cara yang kamu lakukan untuk menghindari penipuan belanja online yang mungkin terjadi. Jika harganya berselisih cukup jauh, maka sebaiknya urungkan niat untuk membeli barang dari toko tersebut.

2. Menyimpan Bukti Transfer/ Transaksi dengan Baik

Tips menghindari penipuan berikutnya adalah selalu menyimpan bukti transfer/ transaksi online anda. Baik itu via sms ataupun print out. Jangan pernah membuang bukti transaksi tersebut sampai barang yang Anda beli telah sampai di rumah Anda.

Bukti transaksi ini dibutuhkan apabila sewaktu-waktu si penjual meminta bukti transfer yang kita lakukan. Hal ini sering terjadi saat si penjual menerima terlalu banyak orderan sehingga harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Jika Anda menjadi korban penipuan, bukti transaksi/ transfer ini juga bisa Anda gunakan sebagai barang bukti untuk melaporkan si penipu ke pihak berwajib.

3. Jangan Terpaku Pada Testimoni

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa semua testimoni yang ada di sebuah toko online adalah review asli dari pembeli. Ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, ada banyak sekali oknum yang mencantumkan testimoni palsu di dalam website mereka untuk mengelabui calon korban mereka. Ternyata cukup banyak orang yang terlena dengan testimoni buatan tersebut. Oleh karena itu, jangan mudah percaya dengan testimoni yang ada demi menghindari penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *