Tips Melancong ke Yogyakarta Tanpa Ribet

Image result for prambananSuara musik gamelan, ragam warna dari kain batik, dan keramaian di sekitar Keraton akan menyambut Anda begitu menginjakan kaki di Yogyakarta. Kota ini menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang cukup digemari oleh banyak orang, baik lokal maupun dari negara lain. Namun, apa saja sih yang harus Anda lakukan atau barang apa saja yang wajib dibawa ketika berlibur ke sini? Artikel ini akan memberikan tips melancong ke Yogyakarta tanpa ribet untuk Anda.

Transportasi

Ada banyak cara dan kendaraan yang bisa Anda gunakan untuk keliling kota ini, mulai dari sewa motor, sewa mobil, hingga angkutan umum lainnya. Akan tetapi, jika Anda menjadi seorang pelancong hemat, maka tips melancong pertama ialah gunakan angkutan umum untuk menghemat budget Anda. Bus Trans Yogya akan membawa Anda ke berbagai sudut kota, namun bila ingin yang lebih terpencil, ojek online bisa menjadi solusinya. Atau Anda bisa langsung menyewa motor yang berkisar 60 ribu per harinya.

Tempat Penginapan

Ada dua kawasan wisata utama di Daerah Istimewa Yogyakarta, satu daerah di sekitar Jalan Prawirotaman dan yang kedua adalah Jalan Malioboro. Jadi Anda bisa memilih, mana destinasi yang Anda pilih. Untuk tempat menginapnya, Anda bisa memilih banyak tipe, mulai dari hostel hingga hotel bintang 5. Anda hanya perlu menyesuaikannya saja dengan budget yang dimiliki. Jika Anda bepergian dalam kelompok, mungkin menyewa rumah atau villa dengan AirBnB akan lebih memangkas pengeluaran Anda. Siapa yang setuju dengan tips melancong ini?

Atraksi dan Tempat Wisata

Tips melancong yang ketiga ialah mengenai atraksi dan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan di sekitar kota sehingga mudah kewalahan ketika mencoba merencanakan liburan Anda. Mana yang lebih Anda sukai? Daerah pegunungan yang dingin? Pantai yang hangat? Pusat kota yang ramai? Atau bahkan tempat bersejarah? Semua ada di Yogyakarta. Jadi, Anda dapat mengondisikan semuanya sesuai dengan keinginan Anda tanpa takut kantong jebol.

Lokasi Kuliner

Rasanya kalau sedang berlibur tanpa mencicipi kuliner lokal akan ada yang kurang. Di sini, Anda akan sangat mudah menjumpai makanan murah-meriah yang tentu saja memiliki cita rasa yang nikmat. Oleh karenanya, tips melancong kuliner di Yogyakarta ialah mencoba makanan kaki limanya, seperti oseng-oseng mercon, gudeg dan krecek, nasi kuning, wedang jahe, dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *