Yuk, Ketahui 3 Macam Sistem Ekonomi di Indonesia Ini!

sistem ekonomi IndonesiaMacam-macam sistem ekonomi adalah salah satu pengetahuan yang harus Anda ketahui. Sistem ekonomi sendiri merupakan susunan dari unsur-unsur ekonomi yang mendasar agar tercapainya beberapa tujuan tertentu. Selain itu, sistem ini dipakai oleh suatu negara untuk menyelesaikan dan menghadapi masalah dalam bidang ekonomi. Dengan sistem yang berbeda-beda, hal tersebut dilihat dari situasi dan kondisi pada negaranya. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Sistem Ekonomi Tradisional

Untuk memecahkan masalah dengan sistem ekonomi tradisional ini dilakukan sesuai kebiasaan atau tradisi. Ciri-cirinya adalah teknologi rendah, produktivitas rendah, setiap masyarakat belum memiliki motivasi untuk mengembangkan harta yang dimilikinya. Masyarakatnya pun sulit diubah karena cenderung adanya penolakan. Kelebihan dari sistem ini tidak ada eksploitasi SDA/SDM yang berlebihan dan memiliki lingkungan yang terjaga. Untuk kekurangannya adalah sulit memenuhi kebutuhan dengan alat produksi yang sederhana, kegiatan ekonomi tidak optimal, serta peradaban manusia tidak maju.

Sistem Ekonomi Pasar/Liberal/Kapitalis

Mengedepankan pasar atau jumlah permintaan dan penawaran untuk menjawab permasalahan ekonomi dasar. Disebut juga sebagai sistem ekonomi liberal karena adanya kebebasan bagi masyarakat dalam berupaya. Bisa disebut sistem kapitalis karena adanya peran kepemilikan modal yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu ekonomi. Dengan modal besar, bisa mendapatkan peluang untuk bertahan dalam kegiatan perekonomian. Kelebihan yang bisa Anda tangkap yaitu persaingan sehat, sehingga bisa mendapatkan barang berkualitas tinggi dengan harga cenderung murah.

Masyarakat pun melakukan kegiatan ekonomi dengan dasar kemampuan dan potensi yang dimilikinya dan menggunakan sumber daya optimal. Tetapi untuk kekurangan yang perlu Anda garis bawahi, memiliki kebebasan sehingga adanya potensi eksploitasi SDM dan SDA secara besar-besaran. Kurangnya peran pemerintah, berdampak pada kegiatan ekonomi terjadi krisis dan terakhir distribusi pendapatan yang sulit.

Sistem Ekonomi Campuran

Campuran dari sistem ekonomi pasar dan komando, akibatnya peran pemerintah dan swasta sama besar. Ciri khasnya yaitu memiliki kekuasaan penuh terhadap SDA, ada pembagian badan usaha milik negara dan milik swasta. Pemerintah menyusn kebijakan secara strategis untuk mengelola ekonomi, kebebasan perusahaan dan pemerintah mengawasi kegiatannya. Kelebihan yang dimiliki adalah pemerintah mempunyai kekuasaan untuk mengatur pasar dan menindaklanjuti praktek monopoli seperti mencegah kenaikan harga yang terlalu berlebih. Terciptanya pemerataan pendapatan dan pemerintah berwenang dalam mengeluarkan kebijakan terkait pencegahan produksi barang yang berpotensi mencemari lingkungan.

Sedangkan dari segi kekurangnnya adalah terlalu banyak kekuatan pasar akan menimbulkan ketimpangan dalam persaingan suatu bisnis. Tidak tepat dalam mengolah sumber daya, berpotensi memperlambat pertumbuhan perekonomian negara. Tidak ada kejelasan maupun peraturan tentang seberapa besar porsi pemerintah dalam kegiatan perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *